0

Bagaimana???

Bagaimana cara menghitung berapa gram alofan yang ada dalam koloid ini???

"anak saya yg SMA aja tau" kata dosen pembimbing saya...
"disentrifuse pak!" kata kak dedi
"dioven pak!" kata sherli
".........." kata saya, hahahahaaaa...
bingung, kayaknya smua jawaban salah, kita bertiga udah depressi berlebihan, karna smua jawaban kita dibantah.. hmmmph.... mau disentrifuse tetep aja ada koloidnya, dioven ntar alofannya ikutan nguap terbang kemana2.. "kalo jawab jangan ngawur" katanya hiks,
dikasih waktu 3 hari bwat mikir begitu aja....

Saya nyusul bimbingan karna ada ujian praktikum, pas masuk ruangan dosen pembimbing muka kak dedi sama sherlie udah kusut banget, di papan tulisnya ada gambar tahapan2 ngitung kadar air, termasuk dengan cara di oven, lahhh....
agaknya mereka udah menemukan metode yang oke ni, pikir gw... tapi knapa mukanya kusut?
singkat cerita akhirnya kita dikasih tau metode ngukurnya, ujung2nya dikeringin dioven juga, *lahhh bukannya katanya kemaren salah yaaa...
caranya, karna fraksi liat dan nano liat yg kita dapet sangat sedikit (tu kayak di gambar, 100ml juga gak sampe, padahal dari 100 gram tanah + 10 liter jadinya sgitu) dan bakal diaplikasiin ke 3 macem polutan organik, bisa2 abis alofannya bwat ngukur kadar air aja...
jadinyaaa...
1. ditera labu ukur 250 ml
2. dipipet 5 ml, trus dioven
3. dapet BKU, BKM, dan kadar air...
4. BKM (berat kering mutlak yang abis dioven)/5 ml air
5. dikonversi dah, mg/ml

beresss....
seharusnyaa...
usut punya usut kenapa muka mereka kusut, ahahaaa, sebelum aya dateng kmaren dosen pembimbing saya nanya macem2 yang pake logika, (mungkin niatnya bwat mancing2 ngukur kadar air dengan cara yg 'seharusnya' kali yaa) entah jarak jakarta-bogor berapalah, yang ditanya, sense kirologi bener2 diuji dah... dan mereka bener2 depress karna ngerasa gak tau apa2... tambah lagi dosen pembimbing saya yang sampe keluar ruangan saking gemesnya,
lahhh..

Oke, kita udah dapet data BKU BKM dan kadar air, udah seneng ni...mg depan udah bisa aplikasi ke polutannya,
tapi ternyata datanya banyak yang minus hasilnyaaa.... (lebih berat cawannya daripada berat cawan setelah oven yang ada alofannya) curiga alofannya bener2 nguap...
"ULANG semuanya" kata dosen saya
hhhh madesuuuu...madesuuuu.....


0 comments:

Post a Comment

Back to Top