3

Writing (hate or love it?)


ini salah satu tugas writing di kelas TOEFL preparation saya, temanya gampang banget, self potrait, we don't need any extra knowledge to finish them all, ada 5 paragraf, yang pertama tentang perkerjaan/pendidikian kita, kedua keluarga, ketiga hobby/interest, keempat experience, dan yang terakhir cita-cita kita mau jadi apa nantinya... That simple! seharusnya saya bisa lebih banyak menulis tentang diri saya, in fact, kotak yg disediain aja masih longgar, temen saya aja, kalo boleh nambah kertas, dia bakal nulis berapa halaman ya,,, tiba2 saya jadi desperate in writing, hahahaa untung aja ga banyak coretannya, sudahlah ga bisa nulis, englishnya sampah pula, mau jadi apaaa...

se simple itukah saya...? (sepertinya iya iihh..) diinget-inget review draft seminar/skripsi saya dari dosen pembimbing bilangnya saya ini "kurang berani" dalam menulis, maksudnya, hal-hal yang emang mutlak bener aja yang ditulis, hal-hal ambigu yang memancing kontroversi ga ditulis, hehehee...abis saya mikirnya namanya juga karya ilmiah, pasti kan nulis berdasarkan fakta yang terbukti oleh teori, kalo yang melenceng...hummm cukup dibahas hipotesis knapa dia melenceng aja, that's it.. kalo saya tambahin opini-opini saya bisa2 dari yang ga penting sampe ga masuk akal ditulis, ehehehee..

tapi saya punya asusmsi, writing itu, sama halnya speaking, bakal jadi menarik dan berbobot kalo kita punya pengetahuan alias "isi" kepala, ga sebatas sama apa yang diomongin setidaknya kita ga bingung buat nyari kosakata buat memperkaya writing/speaking kita, pengalaman apalagi, menarik banget kalo ngomongin sesuatu berdasarkan pengalaman, terlihat lebih real dan bukan sekedar ngomong nyampah aja, ketertarikan pada apa yang kita omongin juga bisa membuat writing/speaking kita lebih hidup...pastinya kita bakal nulis/ngomongin hal itu berapi-api dong...lancaaarr aja, kebiasaan nulis/ngomong juga jadi faktor x nya juga, ga perlu lagi nervous atau mikir hal yg teknis lagi, kadang-kadang nih...mood juga mempengaruhi kualitas tulisan kita dan yang terakhir mesti PeDe ngomong sama nulis..

salah satu atau salah dua kriteria yang saya sebutin tadi ga ada, menyebabkan gangguan dalam menulis, hahahha catet : sebatas gangguan lhoo... sag mal, saya ga punya pengetahuan dan blum pede buat nulis.. tapi saya lagi mood nulis... nahlhoo... bisa jadi hasilnya kayak postingan saya ini, hahahaha karna mood : ide saya ada, karna ga ada pengetahuan : jadilah posting nyampah, banyak tulisannya tapi isinya gitu2 aja, blum pede nulis : kecepatan menulisnya lambat, hahahaa... perlu edit sana sini dulu... itu salah satu contohnya.

well, kembali ke paragraf pertama, dan analisis masalah writing/speaking di paragraf sebelum ini...berarti saya itu...
ga punya pengetahuan atas diri saya sendiri...
ga punya pengalaman terhadap diri sendiri
ga punya ketertarikan pada diri sendiri
ga punya kebiasaan nulis
lagi ga mood nulis
apa ga pede nulis....

mana yang bener?

3 comments:

Tito Aribowo said...

lebih dari itu..pengungkapan isi hati :p

Rahwati Helmi said...

Akhirnya!!,...salah satu obsesiku "menulis" terpenuhi lewat jari2 gendut anakku..,teruskan menulis,anakku tersayang!!!

LiebeLoLy said...

@ tito : makin galau makin lancar ya nulisnya.. ;p

@ mama : si mama lebaayyy (_ _")

Post a Comment

Back to Top